WORKSHOP PARALAKSIS INSTITUTE HARI KE-2

Share!

Workshop bersama Cecil Mariani yang diberi nama “Paralaksis Institut” telah memasuki hari ke-2. Peserta yang datang dari berbagai komunitas dan perguruan tinggi di Jakarta, Bandung, dan Depok ini tak hanya mendalami seni murni tetapi juga desain komunikasi visual.
°
Salah satu materi yang diberikan oleh Cecil Mariani adalah tentang “Paralaks dan Cara Berpikir Riset”. Materi ini terfokus kepada fiksi itu sendiri. Dalam paparannya, Cecil banyak menjabarkan tentang fiksi-fiksi yang kemudian diekstrak menjadi sebuah kebudayaan oleh orang-orang yang memiliki kekuatan lebih untuk mengambil keuntungan sebesar-besarnya dan sebanyak-banyaknya. Selanjutnya, dalam aktivitas workshop, para peserta memetakan proses berpikir dan menginventaris apa yang ingin dipelajari selanjutnya: diksi-diksi, mitos-mitos, serta fiksi sehari-hari yang hendak diparalakskan.
°
Workshop “Paralaksis Institut” ini diselenggarakan sebanyak dua sesi. Sesi pertama 17-20 Desember 2018 dan sesi kedua 26-30 Desember 2018. Workshop ini merupakan bagian dari pameran Cecil Mariani yang berjudul “Paralaks Fiksi” yang berlangsung di Galerikertas Studiohanafi, 8 Desember 2018-7 Januari 2019.
°
Selain diikuti oleh 8 peserta terpilih, workshop ini terbuka untuk umum. “Hanya saja, peserta di luar 8 orang tersebut tidak mendapatkan fasilitas residensi dan tidak diberi kewajiban mengikuti workshop secara penuh. Artinya, siapapun boleh “sit in”, mengikuti secara bebas dan menyerap pengetahuan apapun dari program ini,” kata Heru Joni Putra, penanggungjawab Galerikertas.
°
Dokumentasi oleh Ibra Aghari

/ Aktifitas Galeri, Galerikertas

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *