WORKSHOP PARALAKSIS INSTITUT SESI I DITUTUP DENGAN DISKUSI KARYA CECIL MARIANI

Share!

Hari ini, 20 Desember 2018, adalah hari ke-empat Workshop Paralaksis Institute bersama Cecil Mariani. Seperti biasa, workshop dimulai pukul 11.00 WIB dan berakhir pukul 15.00 WIB. Di hari terakhir sesi pertama ini Cecil memaparkan perihal membedah dan menganalisa pertanyaan-pertanyaan yang sudah dikumpulkan sebelumnya. Ini adalah salah satu cara prakter berfikir yang telah diajarkan oleh Cecil di dalam kelasnya, yaitu mencari pertanyaan lalu kemudian mencari referensi-referensi yang berkitan dengan topik pembahasan hari ini yaitu lebih terfokus kepada bahasa/komunikasi.


Pada sore harinya, pukul 16.00 WIB, acara dilanjutkan dengan diskusi perihal karya-karya “Paralaks Fiksi” Cecil Mariani bersama Geger Riyanto (Pembicara) dan Agung Hujatnikajenong (Moderator). Geger Riyanto memaparkan bagaimana resepsinya terhadap karya Cecil. Menurutnya, gambar-gambar Cecil menampilkan tubuh manusia dan bagian-bagiannya yang meliuk dan melekuk dengan tak seharusnya. Tubuh satu dan tubuh lain saling melingkupi, saling bertumbukan secara tidak wajar. Dua tubuh, terkadang, berjalin kelindan menjadi satu tubuh dengan rupa bercabang-cabang riuh, mencekam. Terkadang pula, tubuh termutilasi dan terempas ke mana-mana dalam peragaan yang nyaris spektakuler. Berbagai fitur manusiawi pun absen dari figur-figurnya.


Terimakasih untuk seluruh partisipan workshop dan diskusi hari ini. Terimakasih sudah membuat ruang diskusi hari ini jadi semakin bergelora.


Workshop Sesi II Paralaksis Institute akan berlangsung tanggal 26-30 Desember 2018. Sedangkan pameran Paralaks Fiksi berlangsung sampai 7 Januari 2019. Silakan datang!
°
Dokumentasi: Ibra Aghari

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *