Profil Perupa Muda Pilihan Rob Pearce

Share!

Edwin Makarim Januar, biasa disapa Edo. Pasca kelahirannya di Jakarta 18 November 1995, Edo sempat mengalami masalah darah yang mengakibatkan berkurangnya kemampuan motorik sebagian anggota tubuhnya dan keterlambatan berbicara. Saat belum lancar berbicara, gambar visual adalah bahasa komunikasi awal antara Edo dengan anggota keluarga lainnya. Untuk meningkatkan kemampuan motorik halusnya, Edo mulai melukis sebagai terapi, dibimbing Alianto yang memperkenalkannya teknik dasar melukis oil on canvas, acrylic dan mix-media. Kemudian mereka berdua membuat Sanggar Lukis Rumah Belajar di Jatibening – Bekasi. Bersama teman-teman Sanggar, Edo sempat 3 kali berpameran bersama di Grand Indonesia dan Hotel Crowne Plaza yang diapresiasi dengan sangat baik oleh media dan komunitas seni. Saat ini, sambil berkuliah di Universitas Terbuka Jurusan Perpustakaan, anak kedua dari tiga bersaudara ini tetap membantu menjalankan Sanggar Rumah Belajar.

 

 

Miftahul Khoir, biasa disapa Khoir. Lahir di Surabaya, 16 Mei 1996, sedang menempuh pendidikan Seni Murni di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Khoir memulai aktivitas berkeseniannya sejak tahun 2012 dalam Pameran Cukil di Pelataran SMSR Surabaya, dan sampai saat ini ia sudah mengikuti lebih dari 30 Pameran bersama. Selain seni rupa, Khoir juga pernah bergabung di seni pertunjukan “DOLANAN” di pameran bersatu dalam perbedaan (2013) dan pertunjukan “TRADISI MASYARAKAT MASA KINI” dalam merayakan ulang tahun SMK N 12 Surabaya (2013). Di tahun 2014, Khoir mendapat dua Award, yang pertama: juara 1 Lomba Mural “MESIN WAKTU” MMB FEST PENS di Surabaya dan yang kedua: juara 1 Lomba Mural “GALAXY OPTICAL” di Surabaya. Khoir juga pernah mengadakan pameran tunggal lukis lanjut I dan II yang berjudul “CHAOS” di ISI Yogyakarta pada tahun 2017.

 

 

Ando, kelahiran Cilacap, 25 November 1992 menyelesaikan S1 Jurusan Desain Komunikasi Visual di universitas Indraprasta UNINDRA Jakarta. Ia memulai karier berkeseniannya dari melukis mural. Ia sangat senang dengan karya-karya street art graffiti. Pada tahun 2009, ia memulai aksi muralnya di acara Fanta “Pensi at School”. Kemudian ia mulai melukis mural di dinding cafe daerah Jakarta dan sekitarnya. Di tahun 2014, ia melukis mural di salah satu Cafe Coffee Starbucks yang tergabung dalam 6 orang yang dikepalai oleh Gigin Ginanjar dan sampai saat ini sering mengikuti beberapa event mural di Jakarta dan sekitarnya. Pada tahun 2015, ia aktif menjadi Freelancer Graphic Design di beberapa perusahaan dan online, membuat ilustrasi produk sampai ke ilustrasi untuk keperluan pembuatan buku.

 

 

Calvyn Gilang Perdana, lahir pada 06 November 1998 di Lebak, Banten, tahun 2016. Ia terdaftar sebagai mahasiswa Seni Rupa Murni ISBI Bandung. Ia mengikuti beberapa agenda seni, seperti TPB, ISBI Bandung 2016, Mural Bandung Creative HUB 2016 (Terpilih), Residensi & Mural Pekan Seni Media KEMENDIKBUD bekerja sama dengan Studiohanafi, BDG 19 Okt/2018, BEDEGONG, Dago Tea House, Bandung 2019, Kolase Bareng-Bareng, Bumi Manusia, Bandung 11 Mei 2019.

 

 

 

Muhammad Ajis, lahir pada 21 Mei 1998 di Depok. Pada tahun 2016 ia terdaftar sebagai mahasiswa DKV Universitas Indraprasta PGRI. Ia mengikuti beberapa kegiatan seni rupa, seperti “Depok Mural Compotition 2018, DLH Depok”, “Honda Modifikasi Contest 2018”, “Dongkrak Seni UI 2018”, “FBS praject 2018, fakultas bahasa dan seni 27 september 2018”, “Mural Compotition MERCUBUANA 2016”.

 

 

 

 

Brilian Arif Pramana / BAWEP , lahir pada 18 April 1989 di Bantul, Yogyakarta. Ia pernah belajar di Seni Murni di ISI Yogyakarta. Ia juga beberapa kali menjadi asisten seniman, salah satunya Assistent Artist Lourival di Biennale Jogja XIV (Indonesia meet Brazil). Dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2017, Bawep sudah mengikuti lebih dari 30 Pameran bersama. Selain pameran bersama, ia juga pernah berpameran tunggal di Garis Art Space, 2016 Yogyakarta dengan judul pameran “After Story”.

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *