[press release]VidaFest 2018 “Berbeda Hulu, Satu Muara”

Share!

VidaFest2018

VidaFest 2018 merupakan sebuah festival seni yang berangkat dari sejarah sungai Bekasi dengan mengusung tema “Berbeda Hulu, Satu Muara”.  Sejak awal tahun 2018, Studiohanafi bersama Vida telah mengadakan studi tentang masyarakat di wilayah Vida Bekasi dan sekitarnya. Secara etnografis dan sosiografis, dengan bersama-sama menggulirkan dialog untuk menciptakan formula FESTIVAL RAKYAT yang bisa menjadi wadah kegembiraan dan ekspresi masyarakat sekitar secara bebas dan bermakna.

Dari mapping komunitas, kemudian dilakukan pengelompokan kesenian: tari, musik, teater dan  seni rupa. Maka lahirlah VIDAFEST BARU dengan tema “Berbeda Hulu, Satu Muara”.  Sebuah festival kesenian yang akan mengangkat kesenian dan potensi lokal Bekasi melalui komunitas-komunitas  Seni yang ada dan berkembang di Bekasi.

Studiohanafi berkolaborasi dengan Vida Bekasi menggagas VidaFest 2018 sebagai sebuah festival yang menjadi langkah awal menuju ekosistem kesenian di Bekasi. VidaFest 2018 akan digelar di Bumi Pala- Vida Bekasi pada 27-29 September 2018 pukul 16.00-22.00 WIB.

“Tahun ini Vidafest akan kuat dari sisi seni, berkolaborasi dengan Hanafi. Ini akan menjadi sejarah baru untuk Vida Bekasi. Saya memiliki mimpi dan harapan agar Vida Bekasi menjadi pusat kebudayaan di Bekasi” Edward Kusuma, Direktur Vida Bekasi.

Melalui riset dan hasil pemetaan dengan mengangkat tema tentang sejarah sungai di Bekasi, festival ini akan diisi oleh panggung seni dengan melibatkan berbagai komunitas di Bekasi bersama para pengampu VidaFest 2018, Hartati (tari), Lawe Samagaha (Musik), Dendi Madya (teater) dan Hanafi (Perupa).

Bersama keempatnya, lahirlah acara-acara yang akan ditampilkan di Vidafest 2018 diantaranya: Tari Ragam Dasar Anak-Anak Vida, Teater SD Dinamika, Bantar Gebang dengan naskah “Hujan Mencari Kali” karya Adinda Luthvianti, sutradara Dendi Madiya, Musikalisasi Puisi- Sanggar Matahari, Teater Artery Performa, Naskah “Gunungan Bantar Gebang” karya dan sutradra Dendi Madiya.

Pada hari terakhir, ensamble angklung asuhan Bunyi Sunya, teater-musik oleh Anestesi & Teater Korek, Unisma Bekasi, naskah “Pa-ru-pa-ru-pa” sutradara Dendi Madiya, action painting Hanafi dan perupa Bekasi (Ridwan Rau-Rau, Galang Monsart, Guntur Prihadi) feat Lawe Samagaha (Bunyi Sunya) dan pertunjukan tari “Ritus Bekasi” koreografer Hartati.

“VidaFest 2018 adalah suatu ikhtiar untuk menjadikan “kerja seni” dan “kerja sosial” sebagai suatu subjek-tunggal: Kerja menciptakan sebagai kerja menggerakkan” tutur Heru Joni Putra, penulis dari Studiohanafi.

Kini tahun 2018. Bekasi telah menjadi tempat yang sibuk. Namun, selalu tak cukup sibuk, jika kita hanya termangu menyesali ketidaktahuan kota Bekasi. Pada saat yang sama, kita terkadang lupa bahwa menghormati kenangan, menghormati peristiwa tentang Bekasi, juga dongeng nenekmu yang merisaukan, bersama perbedaan sungaimu, membutuhkan cintamu.

“Mencintai Bekasi adalah sebuah ekspresi rasa syukur, lewat karya apa saja yang kau punya. Ketidaktahuanmu tak kosong, dan bisa nyaring bunyinya bila dijadikan karya seni” ungkap Adinda Luthvianti, art programme Studiohanafi.

Tentang Studiohanafi

Studiohanafi berdiri pada tahun 1999, sebagai komunitas nirlaba-non profit.  Awalnya Studiohanafi merupakan sebuah studio pribadi bagi Hanafi berkarya— terletak di bibir sungai Pesanggrahan, Parung Bingung- Depok, Jawa Barat. Studiohanafi memulai langkah berkesenian dengan pertanyaan, dari mana dan hendak kemana?

Studiohanafi semacam gerakan sosial untuk menumbuhkembangkan kesenian melalui studi ekologi (mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya) dengan pendekatan kultural.  Visi misi studiohanafi adalah berjalan bersama dalam kesenian dan ihtiar melakukan regenerasi lewat kesenian dan kebudayaan. Dengan memakai pola residensi, diskusi, pendekatan masalah untuk konsep, festival kesenian, dan workshop.

Studiohanafi, masih berjalan, semoga melebar dan jauh, dalam keterbatasan banyak hal. Akhirnya, mudah-mudahan dapur kreatif studiohanafi mampu menjalankan fungsinya sebagai penghormatan terhadap kebebasan berkarya. Untuk informasi lebih lanjut tentang kerja studiohanafi, bisa dilihat di www.studiohanafi.com

Narahubung:

Selvi Agnesia

Humas dan Media Relation VidaFest 2018

+85721941986

 

 

 

 

 

 

 

/ Hanafi, Ulasan, Uncategorized / Tags: , ,

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *