[Press Release]Plotting Pengalaman Otentik dan Reproduksi Pengalaman

Share!

 

“Plotting” merupakan pameran bersama 8 perupa muda pilihan Fiametta Gabriela di galerikertas Studiohanafi pada 8-18 September 2018.  Para perupa muda tersebut dipilih setelah mereka mempresentasikan dan mendiskusikan karyanya bersama Fiametta Gabriela, seorang perupa asal Jakarta, lulusan Nanyang University (Singapura) yang telah melakukan pameran tunggal “Setengah Isi Setengah Kosong” di galerikertas, 3 Agustus – 3 September 2018).

Para perupa muda tersebut adalah Ade Kurniawan, Alin Sugiar, Dzikra Afifah Nurrasyidah, Charissa Adria Rizanti, Fairly  Apriani, Paypaypow, Reza F Abiyyu dan Teguh Kurnia Ramadhan. Mereka berasal dari berbagai kota dan kampus seni di  Bandung, Depok, Bekasi dan Tangerang.

Pembukaan pameran akan berlangsung pada Sabtu, 8 September 2018 di galerikertas studiohanafi. Pameran akan dibuka oleh Fiametta Gabriela bersama Hanafi sebagai direktur studiohanafi dan Afrizal Malna, penulis dan sastrawan. Akan hadir grup musik “Ramah Tamah” yang akan ikut memeriahkan pameran dengan musik folk.

Pameran Plotting mengusung berbagai isu, seperti persoalan identitas, tubuh, minoritas, keseharian, hingga persoalan dinamika psikologi manusia. Dengan konsep “plotting” tersebut, maka keberbagaian bentuk, isu, dan metode yang dilakukan oleh para perupa tersebut diharapkan akan menjadi suatu rangkaian yang saling terhubung satu sama lain, tidak lagi terasing dengan hal-hal yang berbeda, melainkan mempunyai titik-temu yang membuat semuanya jadi suatu alur yang dapat dipahami secara holistik.

“Bila yang pertama berurusan dengan “pengalaman otentik” maka yang kedua berkaitan dengan “reproduksi pengalaman”. Kedua peran tersebut dijalani oleh tubuh kita dan penciptaan karya seni berbasis pengalaman senantiasa memicu kembali munculnya kedua peran tubuh tersebut dengan cara yang tidak gampang” tutur Heru Joni Putra.

Sedangkan Afrizal Malna dan Fiametta Gabriela yang terlibat dalam proses diskusi dan presentasi karya menanggapi pameran ini melalui korelasi media kertas dan pengalaman tubuh. Keduanya turut mendampingi saat on progress pameran.

“Kertas” dan kemudian “tubuh”, merupakan dua medium yang cenderung saling menghadirkan satu sama lainnya, menjadi hal yang fundamental dalam platform terbuka yang diinisiasi Galerikertas. Karena itu pula skala terpendek dalam medan representasi merupakan premis yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Spektrum penciptaan terlalu melebar, dan membuat goyah sebuah gagasan yang terlalu besar, ditarik kembali agar bisa dialami tubuh” ungkap Afrizal Malna dan Fiametta Gabriela dalam catatan pameran ‘Plotting”.

Usai pembukaan pameran, akan berlangsung workshop Plotting karya media kertas 8 perupa muda pilihan Fiametta Gabriela untuk Siswa-Siswi SMK dari Depok, Jakarta dan Bekasi yang akan meramaikan pameran pada Minggu, 9 September 2018 pukul 16.00 WIB di galerikertas studiohanafi.

Pemilihan perupa muda merupakan bagian dari visi galerikertas studiohanafi sebagai ruang  edukasi dan regenerasi. Galerikertas berikhtiar penuh untuk memperkuat sisi edukatif dalam kerja-kerja seni rupa. Dengan kata lain, setiap perupa yang sudah berpengalaman tak hanya berurusan dengan penciptaan karya-karya tetapi juga komitmen sosial untuk memberikan kesempatan belajar dan berbagi pengalaman dengan para perupa muda yang baru memasuki gelanggang seni rupa.

 

Pameran “PLOTTING”

8-18 September 2018, 10.00-17.00 WIB

PEMBUKAAN

Sabtu, 18 September 2018

Pukul 19.30 WIB

Jl. Raya Cinere, Gang Manggis No. 72, Parung Bingung- Depok

 

Dibuka oleh:

Fiametta Gabriela

Perupa, Jakarta

Penampilan musik:

Ramah Tamah

 

AGENDA PUBLIK 

Minggu, 9 September 2018

Workshop Plotting karya media kertas 8 perupa muda pilihan Fiametta Gabriela untuk Siswa-Siswi SMK

Pukul 16.00- 18.00WIB

Workshop dan diskusi terbuka untuk umum

 

Narahubung:

Selvi Agnesia

Art management studiohanafi

085721941986 / studio.hanafi72@gmail.com

www.studiohanafi.com

 

 

 

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *