[Press Release] Cecil Mariani Memaknai Fiksi

Share!

Depok, 5 Desember 2018 – Galerikertas studiohanafi kali ini menghadirkan seorang desainer grafis, Cecil Mariani, untuk menyelenggarakan pameran tunggalnya berjuluk “Paralaks Fiksi” pada 8 Desember 2018- 7 Januari 2019.

Paralaks Fiksi berangkat dari berbagai macam pertanyaan dan cara pandang Cecil dalam melihat dunia realitas dan fiksi. Namun yang dimaksudkan Cecil bukan fiksi sebagai narasi sastra. Lebih lanjut, Cecil mengamati bahwa Fiksi merupakan sistem operasi. Di balik fiksi ada sejenis sistem dan semua sistem bentuknya rangkaian permainan. Termasuk, bagaimana Cecil melihat fiksi dalam pamerannya sendiri.

“Paralaks Fiksi merupakan kerja dari kata benda ‘pameran’. Pameran adalah salah satu praktek kita bersama di kesenian bersepakat untuk asyik tambal-menambal, menegosiasikan sudut pandang dan merangkaikan fiksi-fiksi yang bocor seputar realitas. Fiksi yang tengah populer kini seputar pengalaman pribadi seniman, sejarah dan arsip, kolektifitas dan praktek-praktek melibatkan masyarakat serta ragam fiksi heroik yang baik lainnya. Fiksi-fiksi yang terproduksi dalam Pameran adalah gejala dari kebocor-bocor fiksi-fiksi yang lebih berkuasa,” ungkapnya.

Pameran Paralaks Fiksi akan dibuka oleh Ugeng T. Moetidjo, Hanafi dan Heru Joni Putra. Selain itu, komponis muda, Gema Swaratyagita bersama Laring Project akan memainkan satu repertoar musik pembuka.

Menurut Ugeng, akan ada tiga layer yang dibentangkan oleh Cecil melalui Paralaks Fiksi: pertama, adalah karya konvensional dwimatra dalam medium kertas; kedua, me-reka studio kerja; dan ketiga, mengupayakan proyek lokakarya/sekolah paralaks kertas dengan melibatkan sejumlah partisipan.

Selain pameran, Cecil bersama galerikertas studiohanafi melangsungkan dua agenda pameran:

Pertama, diskusi pameran Paralaks Fiksi bersama pembicara Geger Riyanto  dan moderator Agung Hujatnikajennong.

Secara khusus, dalam makalahnya, Geger Riyanto, menanggapi karya-karya Cecil sebagai Grotesque. Menurutnya, gambar-gambar Cecil menampilkan tubuh manusia dan bagian-bagiannya yang meliuk dan melekuk dengan tak seharusnya. Tubuh satu dan tubuh lain saling melingkupi, saling bertumbukan secara tidak wajar. Dua tubuh, terkadang, berjalin kelindan menjadi satu tubuh dengan rupa bercabang-cabang riuh, mencekam. Terkadang pula, tubuh termutilasi dan terempas kemana-mana dalam peragaan yang nyaris spektakuler. Berbagai fitur manusiawi pun absen dari figure figurnya.

Program utama lainnya adalah sekolah/workshop bernama “Paralaksis Institut”. Institut Seni dan Rekacipta yang akan berlangsung pada 15-30 Desember 2018 melalui open call. Menurut Cecil, Paralaksis institut adalah eksperimen dalam metode mereka fiksi-fiksi dalam praktek pameran dan praktek sekolah untuk menjadi fiksi yang berbeda. Pada Paralaks Institut, Cecil akan berbagi metode riset, design fiction, menggambar bersama, hingga sharing gagasan bersama publik.

Cecil Mariani merupakan lulusan Design Komunikasi Visual, Universitas Pelita Harapan untuk S1 nya dan master of fine art program designer as author/entrepreneur dari school of visual arts, New York, USA.

Saat ini, aktivitas Cecil sebagai desainer grafis, researcher di Purusha Research Cooperative juga dosen pascasarjana di Institut Kesenian Jakarta. Pengalaman sebagai desainer grafis mengantarkannya sebagai professional desainer di berbagai tempat, panggung, multimedia teater dan performing arts. Cecil juga kerapkali diundang sebagai fasilitator dan kurator di berbagai event.

“Paralaks Fiksi”

PEMBUKAAN

Sabtu, 8 Desember  2018, pukul 19.30 WIB

Dibuka oleh:

Ugeng T. Moetidjo, Perupa dan peneliti

Hanafi, Perupa dan Direktur galerikertas studiohanafi

Heru Joni Putra, Kurator galerikertas

Musik: 

Gema Swaratyagita dan Laring Project

PROGRAM PUBLIK:

Diskusi Pameran Paralaks Fiksi

Pembicara: Geger Riyanto, Moderator: Agung Hujatnikajennong

Kamis, 20 Desember 2018 | Pkl. 15.30-18.00 WIB

Di Galerikertas Studiohanafi

Jl. Raya Cinere, Gang Manggis 72

Kp. Parung Bingung Kec. Pancoran Mas

Depok – Jabar

 

Sekolah/ Workshop bersama Cecil Mariani

Paralaksis Institut

Institut Seni dan Rekacipta

15-30 Desember 2018

 

Info lebih lanjut, silakan hubungi:

Selvi Agnesia

Art management studiohanafi

Telp. +62857 2194 1986 | e-mail: kontakgalerikertas@gmail.com atau studio.hanafi72@gmail.com

Website: www.studiohanafi.com

IG: @galerikertas_art | FB: @Galerikertas 

 

 

/ Galerikertas, Ulasan

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *