[Press Release] BA[KER]TAS Sebuah Uji Coba Batas Kertas

Share!

31478646_1960377510944668_3906010979977470353_n

Peluncuran galerikertas studiohanafi pada April 2018 silam ditandai pameran “…marang ibu” Ugo Untoro pada 23 Maret-22 April 2018.  Peluncuran ini disambut dengan apresiasi luar biasa dari berbagai kalangan. Diskusi 3 hari yang dilangsungkan seusai pameran dihadiri dari berbagai perupa muda baik dari kampus maupun komunitas.

Program pameran dan diskusi tersebut sesuai dengan visi galerikertas sebagai ruang edukasi, promosi dan percepatan regenerasi seniman. Mereka mempresentasikan karya dan mendiskusikan bersama Ugo hingga terpilih 5 perupa muda pilihan Ugo Untoro.

Pameran berjuluk “BA [KER]TAS singkatan dari Batas Kertas akan berlangsung pada tanggal 5-15 Mei 2018 di galerikertas Studiohanafi. Para perupa tersebut adalah Henryette Louise (Bandung), Moch Yudistira Wididarma (Bandung), Silvy Linova (Bandung), Suyatno (Depok) dan Suvi Wahyudianto (Madura).

Louise I don't have a doll, but make them #2

 I don’t have a doll, but make them #2 Louise Henryette

Pameran BA[KER]TAS  ini saya kira adalah sebuah usaha untuk memposisikan karya seni sebagai ujicoba. Lima perupa muda dalam pameran ini mencoba berkarya menggunakan kertas ketika kertas sudah mulai ditinggalkan; dengan begitu mereka sedang menguji apakah masih mungkin menciptakan karya dengan kertas saat ini dan kemungkinan seperti apa yang masih bisa dimunculkan,” tutur Heru Joni Putra sebagai penanggungjawab pameran.

Pembukaan pameran BA[KER]TAS di galerikertas Studiohanafi (5/3) akan diisi dengan penampilan musikalisasi puisi dari Lebrina (Lebre feat Sasina) dari Sastra Universitas Indonesia. Ugo Untoro turut akan memberikan sambutan menyoal pandangannya terhadap seni rupa dan proses berkarya para perupa muda.

“ Dalam hal inipun seniman kita tidak di bawah seniman luar, paling tidak ada beberapa yang benar-benar punya ide, gagasan dengan kepiawaian memadukannya dengan visual yang bisa menohok tajam, dalam. Tapi yang lebih mendasar lagi adalah cara atau pola pikir seorang seniman yang berubah, menjadi lebih baik, luas, unik/orisinal dan berani. Apakah dalam era kecepatan informasi sekarang ini yang telah mengembangkan cara atau pola pikir itu?” tutur Ugo Untoro.

SONY DSC

Membaca Tanda _ Suyatno _ Year. 2018 _ Size. 110×80 cm _ Material. Ink, Acrylic on Paper. Suyatno

Lima perupa muda yang terpilih akan menghadirkan gagasan, bentuk dan material karya yang beragam. Serupa yang diungkapkan Heru dengan mengamati proses kekaryaan para perupa.  Apakah sebuah buku catatan sehari-hari, masih bisa kita maknai lebih luas dan dalam dari fungsi dasarnya? Apakah sebuah diorama bisa membicarakan hal yang lebih panjang daripada yang apa yang diembannya selama ini? Apakah material sederhana dalam hidup kita seperti amplop, sobekan kertas, dan karton masih bisa menceritakan hal yang justru tidak sederhana? Apakah kita masih mungkin menemukan batas yang lain dari kertas?

Usai pameran, akan berlangsung diskusi karya para perupa muda oleh Ugo Untoro pada 6 Mei dan berlanjut lima perupa akan memberikan diskusi dan workshop kepada 80 lebih siswa Sekolah Dasar (7 Mei) dan siswa-siswi SMA (8 Mei). Tradisi diskusi ini dibentuk untuk menjadikan galerikertas sebagai ruang edukasi pada generasi muda.

 

Pameran “BA[KER]TAS”

5-15 Mei 2018, 10.00-17.00 WIB

PEMBUKAAN

Sabtu, 5 Mei 2018

Pukul 19.30 WIB

Jl. Raya Cinere, Gang Manggis No. 72, Parung Bingung- Depok

Dibuka oleh Ugo Untoro, Perupa, Yogyakarta

Penampilan musikalisasi puisi Lebrina (Lebre feat Sasina)

Sastra Universitas Indonesia.

 

PROGRAM PUBLIK 

Minggu, 6 Mei 2018

Diskusi Karya Pameran Bersama Ugo Untoro & Peserta Pameran

Pukul 16.00 WIB

 

Senin, 7 Mei 2018

Workshop dan Diskusi Bersama Peserta Pameran

Pukul: 12.00-14.00 WIB

 

Selasa, 8 Mei 2018

Workshop dan Diskusi Bersama Peserta Pameran

Pukul 16.00 WIB

 

Diskusi terbuka untuk umum

 

Narahubung: 

Ratu Selvi Agnesia

Art management studiohanafi

085721941986 / studio.hanafi72@gmail.com

www.studiohanafi.com

 

 

 

 

 

/ Galerikertas

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *