Pembukaan Pameran Setrip: 5 Komikus Pilihan Hikmat Darmawan

Share!

Pameran SETRIP! ini merupakan kelanjutan dari lokakarya komik setrip bersama pakar komik Hikmat Darmawan, 23 Juni 2019 lalu. Dalam lokakarya tersebut, Hikmat mengusung topik “Menggali Bahasa Visual-Sekuensial Komik”.
°
Hikmat membentangkan sejarah dan estetika komik setrip baik di Indonesia ataupun dunia. Setelah itu, Hikmat melanjutkan lokakarya dengan praktik membuat komik dengan gramatika komik setrip yang menggabungkan gagasan komik sebagai wahana membangun dunia dan kanvas tak-hingga (infinite canvas). Dalam praktik ini, para peserta dipersilahkan membuat komik sterip sesuai gaya masing-masing dan kemudian di akhir lokakarya Hikmat melakukan evaluasi terhadap setiap karya peserta.
°
Lebih kurang 25 peserta mengikuti lokakarya ini, yang datang dari daerah pinggiran Jakarta seperti Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan paling jauh dari Bandung. Dari hasil evaluasi karya para peserta sebanyak itu, Hikmat kemudian memilih 5 komikus untuk berpameran bersama. Untuk mempersiapkan pameran tersebut, Galerikertas kembali menyediakan ruang dan waktu bagi peserta terpilih itu untuk memperdalam dan merancang konsep pameran bersama tersebut.
°
Inilah ujung dari rangkaian itu: Pameran Komik SETRIP! karya lima komikus pilihan Hikmat Darmawan yang diselenggarakan selama lebih kurang dua minggu, 6 – 20 Juli 2019. Silakan datang pada pembukaan pameran SETRIP! di Galerikertas Studiohanafi, Sabtu 6 Juli 2019, pukul 19.00 WIB. Ada penampilan musik dari Ketapel. Ditunggu ya 🥳🥳🥳

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *