[LIPUTAN] Terinspirasi Jakarta, Rob Pearce Bikin Sobekan Kertas jadi Karya Seni

Share!

Galeri Kertas Studio Hanafi Photo : VIVA/ Zahrul Darmawan/ Depok

VIVA – Galeri Kertas Studio Hanafi menghadirkan pameran tunggal Rob Pearce bertajuk It’s All About Story: Past, Present, Future. Pameran yang diagendakan bakal berlangsung sepanjang 1-30 Mei 2019 ini merupakan pameran pembuka untuk rentetan program selanjutnya di tahun ini.

Rob sendiri merupakan seniman asal Inggris yang telah berdomisili di Jakarta. Ia pertama kali datang ke Jakarta pada tahun 1970-an hingga akhirnya menetap pada tahun 1990-an. Pria yang akrab disapa Rob itu awalnya bergelut di bidang fotografi dokumenter hingga akhirnya berkarya di seni rupa murni.

Rob menyebutkan, pameran It’s All About Story: Past, Present, Future sebagai perayaan. Sebuah perayaan dari energi Jakarta yang ia dapatkan selama tinggal di carut-marut kota metropolitan tersebut.

“Hampir semua inspirasi dan praktik seni dari karya ini berutang pada jalanan Jakarta. Elemen-elemen yang menginspirasi diperoleh selama beberapa tahun dengan menjelajahi jalan-jalan dan jembatan, suara gaduh, tempat-tempat bising yang dipenuhi oleh debu dan asap knalpot,” ungkap Rob Pearce di Galeri Kertas Hanafi, Jalan Meruyung, Depok, Jawa Barat, Kamis 9 Mei 2019.

Pembukaan pameran It’s All About Story: Past, Present, Future telah dimulai sejak Rabu, 1 Mei 2019 pukul 19.00 WIB-selesai. Pameran dibuka oleh John McGlynn, pendiri Yayasan Lontar. Selain itu, pameran diramaikan oleh pertunjukan musik dari Oppie Andaresta bersama Windy Setiadi, Chiko,dan Arman Chaniago.

Menurut John, karya Robert Pearce yang ditampilkan kali ini adalah karya-karya fotografi sederhana yang dia kerjakan selama beberapa dekade sebelum ini, hingga karya-karya artistik yang luar biasa kompleks dan sangat bergairah.

“Setiap elemen sesungguhnya adalah sebuah cerita seperti layaknya sebuah dongeng, dia dibuat untuk dipelajari, dipahami dan memperkaya mental pembacanya,” ungkap Jhon McGlynn.

/ Artikel Galeri / Tags: ,

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *