Katalog Pameran “Marang Ibu” – Ugo Untoro

Share!

Katalog Pameran Marang Ibu Karya Ugo Untoro bisa diakses melalui link di bawah ini.

Peradaban Mesir Kuno menyumbangkan papyrus, tanaman air cyperus papyrus dari lembah sungai Nil, menjadi kulit-kulit halus, sebelum kertas. Tahun 202 Sebelum Masehi, pada kekuasaan Dinasti Han, sudah ada teknologi pengolahan kertas, dari bambu yang direndam air. Sejarah telah mencatat pula di China pada 101 Masehi, lewat T’sai Lun, kertas menyebar kemana-mana. Kemudian pada 751 Masehi, teknologi kertas terus dikembangkan.

Di Indonesia pada abad ke 15 pedagang Muslim dari Arab mengenalkan kertas, dan kemudian dilanjutkan Portugis. Pada masa VOC di abad ke 19 kertas menjadi primadona, sebagai penunjang penting, bersamaan dengan Van den Bosch, membangun 20 sekolah di setiap karesidenan.

Galerikertas sadar adanya otomatisasi berbasis teknologi yang saat ini membuat kertas menjauh. Tentu saja selamat datang era 4.0 (Revolusi Industri ke-4) Abad Digital. Selamat jalan untuk banyak jenis pekerjaan yang hilang.

Saat ini kertas bukan lagi primadona, Anda sudah membaca dengan digital, berkarya dengan teknologi. Ringkas dan cepat! Namun Anda kehilangan bau kertas, kehilangan tangan yang menulis, dan kehilangan pertemuan jari dengan kertas yang mengeluarkan bunyi, serupa jeda untuk nafas baru.

Hal itu terjadi di seluruh dunia, dan tidak harus dramatis, tetapi percepatan yang terjadi mengubah pola banyak hal, salah satunya kepengrajinan, yang melambatkan laju teknologi.

Galerikertas mengajak kita semua, pekerja kreatif untuk bersama merayakan kertas, tak harus melawan teknologi, tak harus tergesa, tak harus dramatis, keindahan akan menyusul.

Terimakasih.

Studiohanafi

Adinda Luthvianti

 

/ Katalog Galerikertas

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *