Kaleidoskop Aktivitas Studiohanafi 2018

Share!

CATATAN PROGRAM STUDIOHANAFI 2018

Tahun 2018, Studiohanafi telah menjalankan 20 program utama. Sebagian program Studiohanafi merupakan kelanjutan dari program yang sudah dimulai dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut tak terlepas dari ikhtiar Studiohanafi untuk membangun suatu ekosistem kesenian ataupun kebudayaan yang kokoh nantinya, sehingga mesti dilakukan secara bertahap dan berkepanjangan, melibatkan banyak pihak dan senantiasa mencari titik-tengah dari setiap arah yang berbeda.

Selain itu, di antara program lanjutan tersebut, dengan gembira kami kabarkan kembali, Studiohanafi tahun ini mencoba memulai dari awal untuk mengembangkan platform pendidikan seni rupa dengan cara “nyantrik” dan berwatak “sanggar”. Platform ini kami coba kembangkan dari waktu ke waktu melalui Galerikertas yang secara resmi dibuka bulan Maret 2018. Sepanjang tahun ini, galerikertas sudah mengadakan 5 pameran perupa berpengalaman dan 4 pameran perupa muda yang dipilih dan dibimbing oleh perupa berpengalaman tersebut. Program ini masih terus berlanjut di tahun 2019 dengan pengembangan yang tetap dilakukan.

Demikian sekilas catatan program tahun ini. Berikut daftar lengkap program yang sudah dijalankan Studiohanafi selama 2018:

1. Mural di Maya Sanur, Bali
2. Pembukaan Galerikertas # Pameran Ugo Untoro
3. Pameran Perupa Muda Pilihan Ugo Untoro: Bakertas
4. Pameran Seni Rupa Anak Tubaba
5. Workshop Seni Media #2
6. Pameran Farhan Siki: MAL
7. Festival Teater Anak Tubaba
8. Pameran Perupa Muda pilihan Farhan Siki: KODE
9. Pameran Kolaborasi 57 x 76
10. Belajar Bersama Maestro #2
11. Pameran Fiametta Gabriela: Setengah Isi Setengah Kosong
12. Pameran Perupa Muda pilihan Fiametta Gabriella: Plotting
13. Vida Festival – Bekasi
14. Showcase Tari Nenemo – Tubaba
15. Pameran Ugeng T. Moetidjo: Gambaur
16. Pameran Perupa Muda Pilihan Ugeng T. Moetidjo: XYCLO
17. Festival Tubaba: Dari Aku Menjadi Kita
18. Pameran Cecil Mariani: Paralaks Fiksi
19. Pameran di XYZ:ART_UNTLD Bandung
20. Institut Paralaksis

Begitu banyak pihak yang telah membantu dan berpartisipasi dalam proses berkesenian dan berkebudayaan di Studiohanafi. Tanpa menyebut nama satu per satu, kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya untuk semua pihak yang ikut-serta berjuang di jalan kesenian ini. Akhirnya, sebagaimana kata pelukis Hanafi, seni bukanlah tujuan; seni hanyalah kendaraan. Selamat Tahun Baru 2019! Semoga tahun depan kita kuat semakin bergotong-royong.

Dokumentasi: Budi Kurniawan & Ibra Aghari

/ Ulasan

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *