Festival Tubaba #Tari Nenemo

Share!

Ayo daftarkan kelompok kamu!

Festival Tubaba#Tari Nenemo
3-7 November 2018

Latar belakang
Festival tari Nenemo merupakan sebuah wadah yang menampung karya kreatif komunitas, sanggar, atau anak muda yang memiliki minat dalam penciptaan tari. Pada festival ini tari Nenemo sebagai sebuah pijakan penciptaan karya dimana materi gerak tari nlNenemo yang sudah ada dapat dikembangkan dan di interpretasikan kembali oleh komunitas, kelompok, sanggar ataupun anak muda.

Tari Nenemo sebagai platform pendidikan, lebih terbuka untuk dimasuki oleh kalangan masyararakat, karena sedari awal sudah di isyaratkan posisi tari Nenemo sebagai karya bersama sehingga tidak ada batasan yang ketat untuk membedakan seseorang dengan yang lainnya, sebab yang dimungkinkan dari tari Nenemo adalah proses saling belajar dan memberi pengetahuan. Dalam hal ini platform Nenemo ini kemudian menjadi medium interaksi sekaligus edukasi tari yang bersifat lebih cair, terbuka, dan tidak eksklusif.

Dengan kata kunci dalam penciptaannya, maka tari Nenemo akan berkembang sesuai dinamika masyarakatnya. Tari Nenemo akan menjadi ekspresi langsung dari dinamika antara seniman, masyarakat, dan perubahan yang terjadi dalam masyarakat itu sendiri.
Segala artikulasi dari proses perubahan dari tari itu sendiri akan menjadi suatu medium estetik dari masyarakat Tubaba dalam membangun negerinya.

Pembangunan melalui karya seni berada pada ranah pembangunan mental dan oleh sebab itu diperlukan suatu modus baru dalam penciptaan karya seni sendiri. Adapun modus yang di tekankan dalam tari nenemo itu sendiri adalah modus yang lebih terbuka, kolaboratif dan partisipatif, pergeseran ruang panggung ke ruang sosial, pergeseran tubuh personal ke tubuh komunal.

Tujuan Festival Nenemo

Membuka ruang kreatif bagi komunitas, kelompok, sanggar atau anak muda
Menumbuhkan banyak komunitas, kelompok atau sanggar ditengah lingkungan masyarakat dan sekolah-sekolah.

Memberikan pengalaman serta wawasan dari sebuah proses penciptaan karya.
Mengasah, meluaskan kemampuan imajinasi dalam mengembangkan tari nenemo.

Ketentuan bentuk penciptaan tari nenemo
(Term of Refferences)

Peserta harus terlebih dahulu menguasai ragam gerak yang ada dalam tari Nenemo untuk mempermudah dalam proses pengembanganya.

Harus memahami dan menguasai nilai-nilai yang terkandung dalam tari Nenemo: gagasan gerak tari Nenemo berangkat dari aktivitas keseharian masyarakat Tubaba yaitu bertani dan berkebun.

Harus memahami filosofi kata Nenemo “Nemen, Nendes, Nrimo (bekerja keras, tidak kenal menyerah dan penuh keikhlasan), sebagai bagian dari gagasan pengembangan gerak.

Peserta harus menampilkan karya di area site specific (lokasi khusus) yang telah ditetapkan oleh panitia. Site Specific merupakan sebuah istilah tempat pertunjukan atau pameran yang di lakukan di lokasi khusus selain gedung pertunjukan dan ruang pamer. Pada festival ini site specific menjadi pilihan tempat digelarnya karya-karya peserta sebagaimana konsep tari Nenemo yang selalu digelar pada outdoor (site specific).

Panitia akan menentukan empat (4) lokasi khusus yang dapat dipilih oleh peserta
Durasi pertunjukan 5-7 menit

Jumlah penari dalam 1 group minimal 7 orang penari laki-laki atau perempuan.
Musik iringan Live (Q-tik), peserta dapat bekerja sama dengan kelompok music Q-tik manapun yang sudah ada di tubaba.
Kostum tari berupa kostum yang terinspirasi dari kostum tari nenemo

Menggunakan property berupa tongkat dari batang pohon karet berukuran sepanjang 2,5 meter yang sudah menjadi ketentuan karya tari Nenemo.

Menyerahkan sinopsis karya: penjelaskan singkat tentang interptasi tari nenemo yang dikembangkan oleh peserta. Yang diserahkan selambat-lambatnya saat technical berlangsung.

Catatan:
Mengisi Form Pendaftaran
Waktu pendaftaran dibuka: 1 September
Waktu pendaftaran ditutup: 30 September
Lokasi : Tugu Rato, patung marga 4 tubaba, Kawasan Rumah Baduy, dan Kawasan Sesat agung

Penilaian:
Karya tari terbaik
Musik garapan terbaik
Design Kostum terbaik

Informasi lebih lanjut:
Instagram: @nenemofest
Facebook fanpage: Festival Tubaba #Tarinenemo
Kontak Person: +6281373233260 (Irfan)

/ Kolaborasi Tubaba

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *