[berita] Belajar Seni Rupa Bersama Maestro Perupa Hanafi

Share!

Jakarta – Sukses digelar tahun lalu, Studiohanafi dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menggelar program Belajar Bersama Maestro (BBM). Program edukasi bagi siswa SMA atau sederajat itu berlangsung sampai 15 Juli 2018.

Selama 2 minggu, peserta terpilih akan belajar seni rupa. Setiap siswa akan belajar sesuai dengan tema yang diusung ‘Lingkungan Hidup Terdekat’ sampai menjadi sebuah konsep.

“Konsep adalah dasar filosofi pembuatan karya seni, sedangkan ide adalah operasi-operasinya. Untuk membahasakan atau mem-visualisasikannya, bisa menggunakan metaphor,” tutur Art Programme Studiohanafi Adinda Luthvianti.  Lingkungan terdekat yang diajarkan pada siswa dan siswi bisa berupa rumah, sekolah, tempat bermain, maupun alam.

“Lingkungan terdekatmu akan bertemu dengan pengalamanmu; pengalaman membaca, menonton, mendengar, menulis dst. Lalu menjadi pengetahuan. Pertemuan antara lingkunganmu dengan pengalamanmu, akan melahirkan ide,” ungkap Adinda.

Para siswa juga akan belajar mengenai material melukis, belajar membuat konsep karya, sampai manajemen pameran. Tak hanya di Studiohanafi yang berada di Depok, namun mereka akan diajak untuk mengunjungi Museum MACAN di Kebon Jeruk Jakarta serta menyaksikan pertunjukan ‘Gemintang’ karya Teater di Taman Ismail Marzuki.  Di akhir, nantinya akan digelar pameran bersama hasil karya di Studiohanafi.

 

https://hot.detik.com/art/4100304/belajar-seni-rupa-bersama-maestro-perupa-hanafi

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *